Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi
sumber : medium.com |
Koran merupakan salah satu media informasi yang memuat
kejadian kejadian penting maupun berita berita terbaru yang terbit setiap hari,
namun ada juga yang terbit secara mingguan. Koran bermanfaat bagi masyarakat
untuk mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di daerahnya atau daerah lain
atau negara lain. Tanpa koran, masyarakat tidak akan mengetahui kejadian-kejadian
yang terjadi di luar jangkauan pergaulannya. Jadi, koran adalah sarana bagi
masyarakat untuk meluaskan pandangannya tanpa harus hadir secara langsung untuk
menggali informasi dari kejadian yang bersangkutan.
sumber : jakarta.wordcamp.org |
Salah satu koran yang terkenal di Indonesia Adalah "Harian Kompas". Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh P.K. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965. Mengusung semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam.
sumber : nasional.kompas.com |
Ditinjau dari sistem dan pelayanan yang diberikan,
perusahaan ini telah menggunakan teknologi untuk pelayanan kepada masyarakat,
seperti adanya website dan aplikasi android yang dapat di unduh di Google
Play yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari berita kapanpun dan
dimana saja.
sumber : slidemodel.com |
Pelayanan Teknologi Informasi yang baik seharusnya memenuhi standar Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi atau disebut dengan ITIL. ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal. Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, berikut analisis layanan IT PT. Kompas Media Nusantara berdasarkan prinsip ITIL :
1. Service Strategy
Secara
prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta
perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya
untuk memberikan layanan yang baik.
sumber : youtube.com
Sebelumnya
Harian Kompas melakukan penerbitan berita dengan metode cetak dan diantar ke
rumah masing-masing bila berlangganan, kemudian pada tahun 2008 kompas mulai
menggunakan internet sebagai media penerbitannya dengan meluncurkan e-paper dan
saat ini pada tahun 2017 harian kompas melakukan inovasi baru, yaitu aplikasi
Kompas.id. Aplikasi baca berita ini kini bisa diakses melalui aplikasi premium
yang dapat diunduh di ponsel pintar berbasis Android. Kehadiran Kompas.id
merupakan respons dari harian Kompas terhadap perubahan pola konsumsi
masyarakat yang terjadi dengan tetap menjaga nilai-nilai jurnalistik khas
harian Kompas. Kompas.id merupakan situs premium harian Kompas yang menjadi
ekstensa konten versi cetak.
2. Service Design
Pada prinsip ini
service design akan memperlihatkan bagaimana organisasi merancang
ekosistem (infrastruktur dan superstruktur) teknologi informasi untuk memenuhi
atau melayani para pemangku kepentingannya.
PT Kompas
Media Nusantara menyajikan konten Kompas.id dalam bentuk web ataupun dalam
bentuk aplikasi yang merupakan ekstensa jurnalisme harian Kompas yang
mengutamakan kedalaman berbasis data, menawarkan perspektif, dan berupaya untuk
terus menawarkan solusi. Susunan berita dalam aplikasi Kompas.id didesain
khusus untuk memudahkan pembaca yang ingin membaca walau waktu yang dimiliki
terbatas ataupun yang memiliki mobilitas tinggi. Berita-berita terpopuler atau
yang direkomendasikan tim redaksi harian Kompas dapat dengan mudah diakses oleh
pembaca. Dengan demikian, pengalaman membaca menjadi lebih optimal.
3. Service Transition
Prinsip
ini menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan
perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan.
Dengan
peluncuran aplikasi Kompas.id pada tahun 2018, kini pembaca dapat mengakses
konten harian Kompas melalui aplikasi untuk perangkat mobile. Selain
itu, aplikasi Kompas.id juga memungkinkan pembaca untuk melakukan
personalisasi, memantau topik pilihan, dan membaca berita sesuai kebutuhan. Di
Kompas.id, pembaca akan menemukan sajian jurnalistik yang dikemas dalam bentuk
digital ala harian Kompas. Pembaca yang juga ingin membaca harian Kompas dalam
format replika koran atau e-Paper dapat mengaksesnya melalui aplikasi
Kompas.id. Begitu pula dengan pembaca yang tidak sempat membaca berita hingga
akhir berita atau ingin menyimpan artikel favorit dapat menggunakan fitur “Baca
Nanti” untuk membukanya pada lain kesempatan. Melalui aplikasi Kompas.id,
pembaca yang sudah berlangganan juga dapat membuka kembali arsip harian Kompas
beberapa edisi sebelumnya bahkan hingga tahun 1965. Jika yang belum
berlangganan pembaca hanya dapat membaca berita 30 hari sebelumnya.
4. Service Operation
Prinsip ini mendeskripsikan
secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu
pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya.
Pada prinsip ini
perusahaan ini memberi pelayanan kepada pembaca dengan memberi akses konten freemium
atau gratis akses, yaitu berita-berita di tab “Bebas Akses”, hanya dengan
melakukan registrasi. Freemium adalah pendekatan dengan penawaran konten
gratis sebagian, dan jika menginginkan lebih maka pelanggan harus
berlangganan.
Berbeda
dengan portal berita lain, pembaca Kompas.id harus berlangganan untuk mengakses
konten premium yang disajikan secara komprehensif. Beberapa konten unggulan
dalam situs premium Kompas.id antara lain Tutur Visual, Riset, dan Infografik.
5. Continual Service Improvement
Prinsip ini
mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari
masa ke masa. Untuk saat ini aplikasi Kompas.id dapat diakses dengan
mengunduhnya di Play Store. Sementara pada peranti mobile berbasis iOS
masih dalam pengembangan dan akan segera dirilis.
Diluncurkannya
Kompas.id ini diharapkan dapat memudahkan pembaca setia dalam mengakses berita
harian Kompas dengan berbagai platform. PT Kompas Media Nusantara ini terbuka
untuk memberi masukan membangun dari pembaca,
agar Kompas.id dapat terus berinovasi memberikan layanan terbaik.
Setelah
dianalisis berdasarkan kelima prinsip Standar Internasional Manajemen Pelayanan
Teknologi Informasi, PT Kompas Media Nusantara ini memiliki pelayanan TI yang
sudah memenuhi kelima standar tersebut, dengan adanya inovasi aplikasi maupun
web Kompas.id ini memudahkan masyarakat dalam mencari berita dengan berbagai
macam bentuk baik berupa artikel, video siaran langsung maupun video biasa dan
foto. Strategi manajemen pemasarannyapun seimbang yaitu dengan menggratiskan para
pembaca untuk dapat mengakses berita namun dengan batasan tertentu ataupun
dapat berlangganan untuk dapat mengakses penuh.
Namun,
kompas.id ini masih perlu memperbaiki tampilan UI/UX website agar lebih
simpel dan nyaman bagi pembaca, dan menambahkan metode pembayaran yang memudahkan
masyarakat seperti contoh melalui minimarket ataupun melalui pembayaran digital
seperti gopay ataupun Ovo.
Uswatun Hasana. Depok. 2018
DAFTAR PUSTAKA
Indrajit, Richardus
Eko. 2012. ITIL2011. Dikutip dari : https://www.academia.edu/14326070/ITIL_Standar_Internasional_Manajemen_Pelayanan_Teknologi_Informasi
kompas.com. 2008. Kompas Cetak Tersedia dalam
Versi Digital. Dikutip dari : https://tekno.kompas.com/read/2008/07/03/11435862/kompas.cetak.tersedia.dalam.versi.digital
Ramadan, Rizki.
2018. Baca Koran Jadi Lebih Keren Lewat Aplikasi Kompas.id . Dikutip
dari : https://hai.grid.id/read/07606893/baca-koran-jadi-lebih-keren-lewat-aplikasi-kompasid?page=all
Sodikin, Amir. 2018. "Harian "Kompas" Luncurkan Kompas.id, Aplikasi Premium Berbasis Langganan". Dikutip dari : https://nasional.kompas.com/read/2018/03/08/10203991/harian-kompas-luncurkan-kompasid-aplikasi-premium-berbasis-langganan.
Sodikin, Amir. 2018. "Harian "Kompas" Luncurkan Kompas.id, Aplikasi Premium Berbasis Langganan". Dikutip dari : https://nasional.kompas.com/read/2018/03/08/10203991/harian-kompas-luncurkan-kompasid-aplikasi-premium-berbasis-langganan.
Comments
Post a Comment