Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Oleh.
Uswatun Hasana
Grafika
komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari
cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital, sehingga dapat
memudahkan komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia
melalui gambar-gambar, bagan-bagan, tabel, dan lain-lain. Teknik-teknik yang
dipelajari dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau
menciptakan gambar dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafika
komputer adalah grafika komputer 2D, dengan teknik-teknik tertentu kemudian
berkembang menjadi grafika komputer 3D.
Peran
grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting untuk perkembangan
berbagai software aplikasi. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya
aplikasi-aplikasi tertentu yang bergantung dan memanfaatkan grafika komputer
dalam pembuatannya. Salah satu diantaranya adalah aplikasi dalam bidang
pendidikan dan pelatihan, berikut macam-macam penerapan grafika komputer pada
bidang tersebut :
1.
Pendidikan Matematika
Salah
satu program komputer (software) yang dapat digunakan sebagai media
pembelajaran matematika adalah program GeoGebra. GeoGebra adalah program
komputer (software) untuk membelajarkan matematika khsusunya geometri dan
aljabar (Hohenwarter, 2008). Software ini memberikan demonstrasi dan
visualisasi dari persamaan linear ataupun ruang 3. Selain geogebra terdapat
pula website yang fungsinya sama seperti aplikasi tersebut yaitu
https://www.desmos.com perbedaannya wesite ini hanya dapat memberikan gambaran
dari persamaan linear 2D.
Gambar 1.1 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan matematika |
Gambar 1.2 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan matematika |
2.
Pendidikan Biologi
Pada
pendidikan biologi, bidang ini memanfaatkan grafika komputer untuk visualisasi
model-model objek yang secara kasat mata mustahil terlihat seperti sel,
jaringan dan bakteri. Visualisasi ini dapat berupa 2D ataupun 3D. Saat ini,
pemanfaatan grafika komputer pada bidang biologi semakin cepat, karena para
ilmuwan semakin berani melakukan eksperimen tanpa takut melakukan kesalahan
yang mengakibatkan kerugian besar, sehingga mereka dapat menghasilkan
penemuan-penemuan baru. Contoh aplikasi pada bidang ini adalah website
https://biorender.com/ yang dapat digunakan untuk membuat illustrasi di bidang
biologi.
Gambar 2.1 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan biologi |
3.
Pendidikan Arsitektur
Pada
pendidikan arsitektur, grafika komputer dimanfaatkan untuk membuat illustrasi,
gambaran, ataupun visualisasi dari bangunan ataupun gedung yang telah dirancang
sebelum dibangun dalam dunia nyata . salah satu bidang grafik yang digunakan
dalam bidang arsitektur adalah CAD yang merupakan alat bantu berbasis komputer
yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khususnya
untuk sistem arsitektural dan engineering. Contoh aplikasinya: AutoCAD
Selain
grafika komputer, terdapat bagian ilmu komputer lain yang membantu perkembangan
teknik komputasi yang dinamis di era ini. Ilmu tersebut dapat diterapkan pada
berbagai bidang, termasuk untuk mengindentifikasi dan mengukur dimensi
geometris benda-benda yang sangat kecil seperti bidang tekstil ilmu tersebut
dinamakan pengolahan citra digital.
Pengolahan citra digital atau image processing adalah suatu metode yang
digunakan untuk mengolah gambar sehingga menghasilkan gambar lain yang sesuai
dengan keinginan. Salah satu penerapan untuk pengolahan citra pada bidang
tektil adalah penggunaan pengolahan citra untuk identifikasi tekstil dan
pendeteksi kerusakan pada bahan.
Identifikasi
tekstil dengan pemanfaatan pemrosesan gambar pada pengolah citra memungkinkan
untuk pengambilan penampang serat longitudinal & transversal, diameter
serat pada kain, dan gambar produk tekstil benang memungkinkan pengamatan
terhadap kemungkinan cacat benang dan penentuan penyebabnya. Parameter yang
digunakan untuk pengolah citra pada bidang tekstil adalah parameter struktural
dasar produk tekstil benang seperti thickness, hairiness dan jumlah twist. . Citra yang diperoleh sebagai hasil analisis
citra komputer dapat digunakan untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai
estimasi kualitas sambungan benang, dan dapat memungkinkan dilakukan pengenalan
secara cepat terhadap kemungkinan adanya kesalahan penyambungan benang tanpa
simpul.
Sumber
:
Widyardini,
Sekaring Tyas. 2015. Pemograman Matlab untuk Pengolahan Citra Digital. UB Press
: Malang.
Wijayono,
Andrian, Valentinus Galih Vidia Putra. 2017. Penerapan Teknik Analisis Citra
untuk Identifikasi Tekstil. CV. Mulia Jaya : Yogyakarta.
Wijayono,
Andrian, dkk. 2017. Penerapan Teknologi Pengolah Citra dan Fisika pada Bidang
Tekstil. CV. Mulia Jaya : Yogyakarta.
Yuniarti,
Anny. 2015. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Makalah.
https://www.academia.edu/4870575/Bahan_Ajar_Mata_Kuliah_Grafika_Komputer. Diakses 30 September 2019.
Frisdiana,
Ira. 2010. Arsitektur Sistem Grafik Komputer .http://irafrisdiana.blogspot.com/2010/11/arsitektur-sistem-grafik-komputer.html.
Diakses 30 September 2019.
Andono,
Dr. Pulung Nurtantio, T.Sutojo. 2016. Konsep Grafika Komputer. Andi :
Yogyakarta.
Comments
Post a Comment