Tentang Optimasi Queri dan SQL Tuning

Pentingnya Optimasi Queri Dalam Manajemen Database

Query merupakan bagian dari basis data. Untuk itu sistem basis data memerlukan metode terbaik untuk menjawab query. Metode tersebut disebut dengan Optimasi Queri. Optimasi query adalah sebuah prosedur untuk meningkatkan strategi evaluasi dari suatu query untuk membuat evaluasi tersebut menjadi lebih efektif. Pencarian strategi dalam pemrosesan query sangat penting agar pemrosesan dapat dilakukan secara cepat. Pada beberapa Data Base Management System (DBMS), pemroses query memilih dari sekumpulan strategi dengan berbasiskan heuristik tertentu. 

Ringkasan Materi SQL Tuning dan Optimasi Queri

SQL tuning merupakan tindakan query optimization. Definisi Query Optimization adalah suatu tindakan memilih execution strategy yang efisien untuk mengeksekusi sebuah query. Kinerja adalah salah satu ukuran terpenting, yang menggambarkan jika proyek ini sukses atau terjadi kesalahan. Berarti desain untuk proses kinerja harus dimulai sejak awal dalam pengembangan basis data. Di sini terdapat beberapa teknik untuk meningkatkan kinerja basis data agar maksimal. Proses tuning kinerja mencakup antara lain pengukuran respon waktu sebelum tuning, pada waktu tuning dilakukan, dan pengukuran respon waktu setelah tuning (Cecilia & Mihai, 2011). Database Administrator bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja sistem basis data. Deteksi penurunan kinerja dapat dilihat dari parameter kinerja system (Hitesh, Aditya, & Ranjit, 2012).

Ada 2 cara untuk melakukan identifikasi High-Load SQL Statements r, yaitu dengan menggunakan ADDM dan Top SQL. (1) Identifikasi High-Load SQL Statements dengan menggunakan ADDM, Ketika terdapat masalah pada kinerja basis data, ADDM akan menampilkan permasalahan tersebut pada halaman ADDM dan memberikan rekomendasi untuk setiap masalah yang ditemukan. (2) Identifikasi High-Load SQL Statements dengan menggunakan Top SQL, Selain menggunakan ADDM. Oracle juga menyediakan sebuah fitur untuk melihat High-Load SQL Statements. Fitur yang disediakan oleh Oracle ini adalah sebuah halaman Top Activity yang terdapat pada Entreprise Manager.

Optimasi Queri
adalah suatu proses untuk menganalisa query untuk menentukan sumber-sumber apa saja yang digunakan oleh query tersebut dan apakah penggunaan dari sumber tersebut dapat dikurangi tanpa merubah output. Optimasi query mencakup beberapa teknik seperti transformasi query ke dalam bentuk logika yang sama, memilih jalan akses yang optimal dan mengoptimumkan penyimpanan data. Tujuan dari optimasi query adalah menemukan jalan akses yang termurah untuk meminimumkan total waktu pada saat proses sebuah query. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan optimizer untuk melakukan analisa query dan untuk melakukan pencarian jalan akses.  

Terdapat 2 pendekatan optimasi yang umum digunakan sebagaimana diungkapkan oleh Chanowich (2001), yakni: (a). Heuristik atau rule-based Teknik ini mengaplikasikan aturan heuristik untuk mempercepat proses query.  (b). Cost-based Teknik ini mengoptimasikan cost yang dipergunakan dari beberapa alternatif untuk kemudian dipilih salah satu yang menjadi cost terendah. Teknik ini dipergunakan untuk mendapatkan pohon left-deep join yang akan menghasilkan sebuah relasi sebenarnya pada node sebelah kanan yang bukan hasil dari sebuah intermediate join.

Beberapa ringkasan dalam optimasi queri antara lain :
  • Gunakan kode seragam di seluruh aplikasi standar
  • Hindari ketidakcocokan jenis data untuk indeks kolom
  • Hindari fungsi pada kolom indeks
  • Pindahkan kondisi dari klausa HAVING ke klausa WHERE
  • Gunakan joins bukan nested selects, jika memungkinkan
  • Mengganti Not IN dengan Not EXISTS atau OUTER JOIN
  • Gunakan bulk inserts pada insert banyak records
  • Gunakan klausa BULK COLLECT pada fetching records

Kesimpulan Materi SQL Tuning dan Optimasi Queri

Kesimpulannya adalah SQL Tuning merupakan salah satu proses dari optimasi queri yang bekerja dengan cara mengubah perintah perintah SQL serta menentukan teknik Indexing agar SQL tersebut bekerja secara optimal. SQL Tuning maupun Optimasi Queri ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengekfektifkan dan mempercepat pemrosesan queri dalam sebuah manajemen database.

Sumber :

Ermatita. 2009. Analisis Optimasi Query Pada Data Mining. Jurnal Sistem Informasi (JSI). 1(1): 47-54.

Indrajani. 2015. Analisis dan Penerapan Metode Tuning Pada Basis Data Funding. ComTech. 6(1): 143-153.

Siallagan, Manahan, dkk. 2008. Optimasi Query Database Menggunakan Algoritma Genetik. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008), Yogyakarta: 21 Juni 2008. C-53 - C-57.

Root. 2018 Teknik SQL Tuning. URL : https://bundet.com/pub. Diakses pada 20 Desember 2019.

Admin. 2017. 8 Tips Optimasi Query untuk Mempercepat Pengaksesan Data pada Oracle Database. URL : https://www.i-3.co.id/2017. Diakses pada 20 Desember 2019.

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer