Manusia Tanggung Jawab dan Pengabdian

Manusia Tanggung Jawab dan Pengabdian

Manusia merupakan salah satu makhluk yang diciptakan sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dikatakan sempurna karena manusia memiliki akal pikiran dan perasaan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Dengan memiliki akal pikiran dan perasaan, manusia dimuka bumi ini dijadikan sebagai pemimpin, pengatur dan pengelola.
Kita sebagai makhluk sempurna, sudah sepatutnya kita memiliki tanggung jawab atas segala perbuatan yang telah kita lakukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Bisa dikatakan bahwa tanggung jawab merupakan suatu tindakan dimana seseorang mampu menjaga, menanggung, memikul suatu amanah, tugas ataupun perbuatan yang telah dilakukannya terhadap diri sendiri, masyarakat, tuhan maupun lingkungan. Sebab pasti ada akibat, seperti halnya tanggung jawab, apa yang telah kita lakukan pasti terdapat pertanggung jawaban. Tanggung jawab bersifat kodrati seperti halnya HAM, tanggung jawab sudah melekat pada diri seseorang, setiap manusia pasti dibebani oleh tanggung jawab, apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab atas perilaku yang dilakukannya, pasti terdapat kosekuensi yang ditanggungnya, dengan kata lain dapat dituntut, diperkarakan, ataupun dipersalahkan, tergantung dari pihak yang diminta pertanggung jawaban, dan orang yang memiliki kepentingan pada tanggung jawab tersebut.
Setiap manusia pasti memiliki peran dan tanggung jawabnya masing masing, sebagai contoh dalam suatu keluarga terdapat ayah yang bertanggung jawab untuk menafkahkan anak dan istrinya, ibu bertanggung jawab atas anak-anaknya, anak bertanggung jawab atas pendidikan yang diberikannya. Dengan begitu tanggung jawab seseorang dapat dibedakan berdasarkan keadaan manusia dan hubungan yang dibuatnya, jenis tanggung jawab tersebut antara lain :

1.      Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab ini berkaitan dengan bagaimana seseorang dalam mengelola, mengatur, dan memenuhu kebutuhan dirinya sendiri. Contohnya bagaimana seseorang bertanggung jawab untuk mengelola tubuhnya agar terjaga sehat dengan mengonsumsi makanan yang baik dan halal, lalu contoh lainnya bagaimana seseorang bertanggung jawab terhadap perannya menjadi pelajar dengan belajar dan mengerjakan tugas dengan baik, seseorang bertanggung jawab atas perkataan yang telah diucapkannya dan lain sebagainya. Dengan sikap tanggung jawab diri yang baik akan menjadikan kita sebagai sosok teladan bagi orang lain.

2.      Tanggung Jawab terhadap Keluarga
Jenis tanggung jawab ini berkaitan dengan bagaimana seseorang bertanggung jawab dalam ruang lingkup berkeluarga. Dalam satu keluarga terdapat ayah, ibu, anak, setiap peran tersebut memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Contohnya sebagi ayah bertanggung jawab untuk menafkahkan keluarga, mengawasi anak dan memberi teladan bagi keluarganya, Ibu bertanggung jawab atas hidangan untuk keluarga, mengawasi anak anak, anak anak bertanggung jawab atas pendidikan yang diberikannya, mengawasi keluarga, merawat anggota keluarga. Dengan kita patuh dan bertanggung jawab atas peran masing masing hal ini dapat menciptakan keluarga yang harmonis, sakinah mawaddah warohmah.

3.      Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
Tanggung jawab ini berkaitan dengan sifat kita dengan tetangga, warga sekitar dan lingkungan masyarakat. Sebagai makhluk yang sosial dan tidak bisa hidup sendiri sudah sewajarnya kita selalu berinteraksi dan membutuhkan orang lain, untuk itu kita harus bertanggung jawab dalam bermasyarakat dengan menjaga ketentraman, keamanan kebersihan di lingkungan masyarakat tersebut.

4.      Tanggung Jawab terhadap Alam, Lingkungan
Sebagai manusia yang selalu berinteraksi dengan lingkungan, sudah sepatutnya kita harus bertanggung jawab terhadap lingkungan yang kita pijaki, dengan menjaga kelestarian lingkungan, tidak merusak ekosistem lingkungan, dan menjaga kebersihan lingkungan. Dengan kita bertanggung jawab dengan lingkungan kita akan merasa aman dan nyaman untuk dipijaki.

5.      Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara
Tanggung jawab ini berkaitan dengan seseorang terhadap tugasnya sebagai bangsa dan negaranya, sebagaimana kita sebagai warga negara Indonesia jika kita ingin mendapatkan hak sebagai warga negara kita harus bertanggung jawab terhadap kewajiban warga negara indonesia yang telah tercantum dalam UUD 1945 . Contoh dari tanggung jawab ini yaitu dengan membela tanah air Indonesia

6.      Tanggung Jawab terhadap Alloh ‘Azza Wa Jalla
Tanggung jawab ini berkaitan dengan tanggung jawab seseorang tentang perintah, larangan dan kewajiban terhadap Alloh ‘Azza wa jalla, dengan kita bertanggunug jawab dengan memenuhi kewajiban, menuruti perintah dan menjauhi larangan-Nya, kita akan merasa aman. Sebagai makhluk yang beriman sudah seatutnya kita bertanggung jawab.

Setelah tanggung jawab lahirlah wujud pengabdian. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengabdian merupakan proses cara mengabdi atau mengabdikan atau memperuntukan diri untuk bertugas terhadap seseorang. Pengabdian ini dapat pula disebut sebagai wujud bakti, pengorbanan dan merupakan sebuah implementasi dari wujud tanggung jawab seseorang. Namun pengabdian ini lebih merujuk kepada weujud bakti dalam bentuk perbuatan dan perilaku seseorang kepada orang lain. Pengabdian ini memiliki berbagai jenis, tergantung terhadap siapa seseorang itu mengabdi, sebagai contoh pengabdian seseorang terhadap Alloh ‘Azza wa Jalla dengan selalu beribadah dan menjauhi larangan-Nya, pengabdian terhadap masyarakat contohnya seorang dokter yang mengabdi kepada masyarakat jauh dari kota atau pengabdian seorang guru untuk mengajar, pengabdian terhadap bangsa dan negara contohnya TNI yang mengabdi terhadap negara untuk menjaga keamanan masyarakat dan perbatasan negara, Pengabdian terhadap keluarga seperti Ayah yang bekerja keras untuk menafkahkan keluarganya.

Lalu apa keterkaitan antara manusia, tanggung jawab, dan pengabdian?


Setelah kita bahas pada bacaan sebelumnya, dijelaskan bahwa manusia merupakan makhluk yang sempurna dengan memiliki akal pikiran dan perasaan yang menjadikannya sebagai pemimpin, pengatur dan pengelola di muka bumi. Maka dari itu manusia memiliki tanggung jawab atas tugasnya dimuka bumi. Seseorang yang dapat dijadikan sebagai sosok teladan bagi orang lain tentu memiliki sifat yang bertanggung jawab dengan berbagai aspek seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara, keluarga, dan Alloh. Wujud implementasi dari tanggung jawab dapat berupa pengabdian, pengabdian merupakan wujud bakti berupa perbuatan dan sikap seseorang terhadap berbagai aspek kehidupan. Dengan kita bertanggung jawab dan memiliki sikap siap mengabdi kita akan hidup lebih tentram, aman, nyaman dan berguna bagi bangsa negara dan masyarakat selain itu kita juga dapat memperoleh kebaikan dari hal tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer