Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi


sumber : medium.com
       Koran merupakan salah satu media informasi yang memuat kejadian kejadian penting maupun berita berita terbaru yang terbit setiap hari, namun ada juga yang terbit secara mingguan. Koran bermanfaat bagi masyarakat untuk mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di daerahnya atau daerah lain atau negara lain. Tanpa koran, masyarakat tidak akan mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di luar jangkauan pergaulannya. Jadi, koran adalah sarana bagi masyarakat untuk meluaskan pandangannya tanpa harus hadir secara langsung untuk menggali informasi dari kejadian yang bersangkutan.

sumber : jakarta.wordcamp.org
Salah satu koran yang terkenal di Indonesia Adalah "Harian Kompas". Harian Kompas adalah surat kabar Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Kompas diterbitkan oleh PT Kompas Media Nusantara yang merupakan bagian dari kelompok usaha Kompas Gramedia (KG), yang didirikan oleh P.K. Ojong (almarhum) dan Jakob Oetama sejak 28 Juni 1965. Mengusung semboyan "Amanat Hati Nurani Rakyat", Kompas dikenal sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam.

sumber : nasional.kompas.com
Ditinjau dari sistem dan pelayanan yang diberikan, perusahaan ini telah menggunakan teknologi untuk pelayanan kepada masyarakat, seperti adanya website dan aplikasi android yang dapat di unduh di Google Play yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari berita kapanpun dan dimana saja.

sumber : slidemodel.com


Pelayanan Teknologi Informasi yang baik seharusnya memenuhi standar Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi atau disebut dengan ITIL. ITIL merupakan kerangka best practice yang dapat dijadikan sebagai panduan dan referensi dalam memastikan terwujudnya manajemen pelayanan teknologi informasi (IT Services Management) yang prima dan handal. Secara prinsip, ada 5 (lima) domain proses utama yang harus diperhatikan secara sungguh-sungguh dalam memastikan terjadinya pelayanan berbasis teknologi informasi yang handal, berikut analisis layanan IT PT. Kompas Media Nusantara berdasarkan prinsip ITIL  :

1.      Service Strategy
                                                           
Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.

                             
sumber : youtube.com

Sebelumnya Harian Kompas melakukan penerbitan berita dengan metode cetak dan diantar ke rumah masing-masing bila berlangganan, kemudian pada tahun 2008 kompas mulai menggunakan internet sebagai media penerbitannya dengan meluncurkan e-paper dan saat ini pada tahun 2017 harian kompas melakukan inovasi baru, yaitu aplikasi Kompas.id. Aplikasi baca berita ini kini bisa diakses melalui aplikasi premium yang dapat diunduh di ponsel pintar berbasis Android. Kehadiran Kompas.id merupakan respons dari harian Kompas terhadap perubahan pola konsumsi masyarakat yang terjadi dengan tetap menjaga nilai-nilai jurnalistik khas harian Kompas. Kompas.id merupakan situs premium harian Kompas yang menjadi ekstensa konten versi cetak.

2.      Service Design
Pada prinsip ini service design akan memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur dan superstruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya.
PT Kompas Media Nusantara menyajikan konten Kompas.id dalam bentuk web ataupun dalam bentuk aplikasi yang merupakan ekstensa jurnalisme harian Kompas yang mengutamakan kedalaman berbasis data, menawarkan perspektif, dan berupaya untuk terus menawarkan solusi. Susunan berita dalam aplikasi Kompas.id didesain khusus untuk memudahkan pembaca yang ingin membaca walau waktu yang dimiliki terbatas ataupun yang memiliki mobilitas tinggi. Berita-berita terpopuler atau yang direkomendasikan tim redaksi harian Kompas dapat dengan mudah diakses oleh pembaca. Dengan demikian, pengalaman membaca menjadi lebih optimal.

3.      Service Transition
Prinsip ini menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan.
Dengan peluncuran aplikasi Kompas.id pada tahun 2018, kini pembaca dapat mengakses konten harian Kompas melalui aplikasi untuk perangkat mobile. Selain itu, aplikasi Kompas.id juga memungkinkan pembaca untuk melakukan personalisasi, memantau topik pilihan, dan membaca berita sesuai kebutuhan. Di Kompas.id, pembaca akan menemukan sajian jurnalistik yang dikemas dalam bentuk digital ala harian Kompas. Pembaca yang juga ingin membaca harian Kompas dalam format replika koran atau e-Paper dapat mengaksesnya melalui aplikasi Kompas.id. Begitu pula dengan pembaca yang tidak sempat membaca berita hingga akhir berita atau ingin menyimpan artikel favorit dapat menggunakan fitur “Baca Nanti” untuk membukanya pada lain kesempatan. Melalui aplikasi Kompas.id, pembaca yang sudah berlangganan juga dapat membuka kembali arsip harian Kompas beberapa edisi sebelumnya bahkan hingga tahun 1965. Jika yang belum berlangganan pembaca hanya dapat membaca berita 30 hari sebelumnya.

4.      Service Operation
Prinsip ini mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya.  
Pada prinsip ini perusahaan ini memberi pelayanan kepada pembaca dengan memberi akses konten freemium atau gratis akses, yaitu berita-berita di tab “Bebas Akses”, hanya dengan melakukan registrasi. Freemium adalah pendekatan dengan penawaran konten gratis sebagian, dan jika menginginkan lebih maka pelanggan harus berlangganan. 
Berbeda dengan portal berita lain, pembaca Kompas.id harus berlangganan untuk mengakses konten premium yang disajikan secara komprehensif. Beberapa konten unggulan dalam situs premium Kompas.id antara lain Tutur Visual, Riset, dan Infografik.

5.      Continual Service Improvement
Prinsip ini mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Untuk saat ini aplikasi Kompas.id dapat diakses dengan mengunduhnya di Play Store. Sementara pada peranti mobile berbasis iOS masih dalam pengembangan dan akan segera dirilis.
Diluncurkannya Kompas.id ini diharapkan dapat memudahkan pembaca setia dalam mengakses berita harian Kompas dengan berbagai platform. PT Kompas Media Nusantara ini terbuka untuk  memberi masukan membangun dari pembaca, agar Kompas.id dapat terus berinovasi memberikan layanan terbaik.

Setelah dianalisis berdasarkan kelima prinsip Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi, PT Kompas Media Nusantara ini memiliki pelayanan TI yang sudah memenuhi kelima standar tersebut, dengan adanya inovasi aplikasi maupun web Kompas.id ini memudahkan masyarakat dalam mencari berita dengan berbagai macam bentuk baik berupa artikel, video siaran langsung maupun video biasa dan foto. Strategi manajemen pemasarannyapun seimbang yaitu dengan menggratiskan para pembaca untuk dapat mengakses berita namun dengan batasan tertentu ataupun dapat berlangganan untuk dapat mengakses penuh.

Namun, kompas.id ini masih perlu memperbaiki tampilan UI/UX website agar lebih simpel dan nyaman bagi pembaca, dan menambahkan metode pembayaran yang memudahkan masyarakat seperti contoh melalui minimarket ataupun melalui pembayaran digital seperti gopay ataupun Ovo.

Uswatun Hasana. Depok. 2018



                                                        DAFTAR PUSTAKA
kompas.com. 2008. Kompas Cetak Tersedia dalam Versi Digital.  Dikutip dari : https://tekno.kompas.com/read/2008/07/03/11435862/kompas.cetak.tersedia.dalam.versi.digital
Ramadan, Rizki. 2018. Baca Koran Jadi Lebih Keren Lewat Aplikasi Kompas.id . Dikutip dari : https://hai.grid.id/read/07606893/baca-koran-jadi-lebih-keren-lewat-aplikasi-kompasid?page=all
Sodikin, Amir. 2018. "Harian "Kompas" Luncurkan Kompas.id, Aplikasi Premium Berbasis Langganan". Dikutip dari : https://nasional.kompas.com/read/2018/03/08/10203991/harian-kompas-luncurkan-kompasid-aplikasi-premium-berbasis-langganan





Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer