"GLOW" INOVASI PINTAR UNTUK MENGHITUNG PENGGUNAAN LISTRIK RUMAH ANDA

Terkejut dengan tagihan listrik yang meningkat? Hmm.. mungkin ada beberapa perangkat yang dibiarkan menyala tanpa pengawasan anda. Salah satu cara mengurangi tagihan listrik yang meningkat adalah dengan melakukan penghematan energi. Penghematan energi merupakan upaya mengurangi jumlah penggunaan energi yang artinya kita menggunakan energi secara efisien dimana kita mendapat manfaat yang sama hanya dengan menggunakan energi yang sedikit.

Sumber: sumber: https://www.indiegogo.com
Di tahun 2018 ini telah launching sebuah perangkat yang membantu kita dalam mengontrol penggunaan energi listrik di rumah kita. Perangkat tersebut bernama ‘Glow’. Perangkat yang dirancang sejak tahun 2017 oleh Ben Lachman dari Amerika Serikat ini salah satu solusi penggunaan energi rumah anda yang memahami bagaimana dan kapan anda menggunakan energi listrik.
 
sumber : https://steemit.com/
Cara kerja pendeteksian penggunaan glow ini adalah dengan menempatkan induktor sensor dari globe pada kWh meter anda, dan glow akan langsung mendeteksi penggunaan listrik rumah anda, ketika penggunaan daya listrik sudah melebihi batas normal maka lampu pada glow akan menjadi warna merah, jika penggunaan listrik hampir melebihi batas normal maka lampu glow akan berwarna kuning, jika penggunaan listrik  berada di batas normal maka lampu glow akan berwarna hijau. 
sumber: https://www.indiegogo.com
Perangkat ini juga dapat mengatur biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan daya listrik rumah anda yaitu dengan mensetting berapa biaya yang ingin anda keluarkan setiap bulannya apa aplikasi glow, lalu aplikasi glow akan memberi arahan agar tetap dijalur track yang sudah anda setting. 

sumber: sumber: https://www.indiegogo.com
Dengan desain yang minimalis, klasik bercampur modern ini cocok juga sebagai pajangan di rumah anda. Agar bekerja secara maksimal glow hanya perlu di tempatkan di ruang tamu ataupun di dapur rumah anda.

Lupa mematikan sesuatu atau lupa menutup kulkas rumah anda? Tenang, perangkat ini akan memberikan solusinya. Glow akan mengirim pesan pemberitahuan ke ponsel anda tentang hal yang mungkin anda lupa mematikannya ataupun anda lupa menutup pintu kulkas anda. Dengan adanya fitur notifikasi ini, glow sangat membantu anda menghemat energi listrik dan memeriksa penggunaan energi listrik rumah anda.

Selain fitur notifikasi, ada beberapa kelebihan lain yang dapat menjadi nilai tambahan untuk perangkat ini, kelebihan tersebut antara lain Wireless sensor dengan teknologi Magneto – resistive yang secara nirkabel mengukur penggunaan daya, pengaturan yang cepat penyiapan dan kesuluruhan prosesnya hanya memakan waktu sekitar 10 menit, Smart Energy Indicator yaitu lampu LED lembut dimana glow akan mengubah warna lampunya sesuai dengan tingkat penggunaan energi anda dan akan meredup ketika malam hari, Penggunaan daya ultra rendah yaitu sistem glow menggunakan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan satu lampu LED, aplikasi dari glow dapat di install di ponsel iOS dan Android, Glow juga dapat memantau energi listrik secara jarak jauh.

Namun kekurangan dari perangkat ini adalah pembuatannya yang masih terbatas dan harganya pun lumayan menguras dompet yaitu sekitar $499. Sistem dari marketing perangkat ini adalah preorder dan hanya menerima order dari negara-negara tertentu saja, Indonesia saat ini belum termasuk ke dalam daftar order tersebut. Ingin pun]ya perangkat seperti ini? Kita tunggu launchingnya di Indonesia.

Daftar Pustaka :
Technology, Future. 2017. “Glow, the smart energy tracker for your home by Ben Lachman.”, by Youtube.  https://www.youtube.com/watch?v=Roh5_UKbunY. 21 Oktober 2018
Anonim. 2018. “Glow, the smart energy tracker for your home”, Indiegogo web. https://www.indiegogo.com/projects/glow-the-smart-energy-tracker-for-your-home#/. 21 Oktober 2018
Anonim. 2018. “Say Hello To Glow”, Meet Glow web. https://meetglow.com/. 21 Oktober 2018

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer