Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra


Implementasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Oleh. Uswatun Hasana

Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari cara-cara pembuatan dan manipulasi gambar secara digital, sehingga dapat memudahkan komunikasi antara manusia dan komputer, atau manusia dengan manusia melalui gambar-gambar, bagan-bagan, tabel, dan lain-lain. Teknik-teknik yang dipelajari dalam grafika komputer adalah teknik-teknik bagaimana membuat atau menciptakan gambar dengan menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D, dengan teknik-teknik tertentu kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.

Peran grafika komputer dalam menghasilkan gambar sangat penting untuk perkembangan berbagai software aplikasi. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya aplikasi-aplikasi tertentu yang bergantung dan memanfaatkan grafika komputer dalam pembuatannya. Salah satu diantaranya adalah aplikasi dalam bidang pendidikan dan pelatihan, berikut macam-macam penerapan grafika komputer pada bidang tersebut :

1. Pendidikan Matematika 
Salah satu program komputer (software) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika adalah program GeoGebra. GeoGebra adalah program komputer (software) untuk membelajarkan matematika khsusunya geometri dan aljabar (Hohenwarter, 2008). Software ini memberikan demonstrasi dan visualisasi dari persamaan linear ataupun ruang 3. Selain geogebra terdapat pula website yang fungsinya sama seperti aplikasi tersebut yaitu https://www.desmos.com perbedaannya wesite ini hanya dapat memberikan gambaran dari persamaan linear 2D.
Gambar 1.1 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan matematika

Gambar 1.2 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan matematika


2. Pendidikan Biologi
Pada pendidikan biologi, bidang ini memanfaatkan grafika komputer untuk visualisasi model-model objek yang secara kasat mata mustahil terlihat seperti sel, jaringan dan bakteri. Visualisasi ini dapat berupa 2D ataupun 3D. Saat ini, pemanfaatan grafika komputer pada bidang biologi semakin cepat, karena para ilmuwan semakin berani melakukan eksperimen tanpa takut melakukan kesalahan yang mengakibatkan kerugian besar, sehingga mereka dapat menghasilkan penemuan-penemuan baru. Contoh aplikasi pada bidang ini adalah website https://biorender.com/ yang dapat digunakan untuk membuat illustrasi di bidang biologi.
Gambar 2.1 Contoh penerapan grafik komputer dalam pendidikan biologi

3. Pendidikan Arsitektur
Pada pendidikan arsitektur, grafika komputer dimanfaatkan untuk membuat illustrasi, gambaran, ataupun visualisasi dari bangunan ataupun gedung yang telah dirancang sebelum dibangun dalam dunia nyata . salah satu bidang grafik yang digunakan dalam bidang arsitektur adalah CAD yang merupakan alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering. Contoh aplikasinya: AutoCAD

Selain grafika komputer, terdapat bagian ilmu komputer lain yang membantu perkembangan teknik komputasi yang dinamis di era ini. Ilmu tersebut dapat diterapkan pada berbagai bidang, termasuk untuk mengindentifikasi dan mengukur dimensi geometris benda-benda yang sangat kecil seperti bidang tekstil ilmu tersebut dinamakan pengolahan citra digital.  Pengolahan citra digital atau image processing adalah suatu metode yang digunakan untuk mengolah gambar sehingga menghasilkan gambar lain yang sesuai dengan keinginan. Salah satu penerapan untuk pengolahan citra pada bidang tektil adalah penggunaan pengolahan citra untuk identifikasi tekstil dan pendeteksi kerusakan pada bahan.

Identifikasi tekstil dengan pemanfaatan pemrosesan gambar pada pengolah citra memungkinkan untuk pengambilan penampang serat longitudinal & transversal, diameter serat pada kain, dan gambar produk tekstil benang memungkinkan pengamatan terhadap kemungkinan cacat benang dan penentuan penyebabnya. Parameter yang digunakan untuk pengolah citra pada bidang tekstil adalah parameter struktural dasar produk tekstil benang seperti thickness, hairiness dan jumlah twist.  . Citra yang diperoleh sebagai hasil analisis citra komputer dapat digunakan untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai estimasi kualitas sambungan benang, dan dapat memungkinkan dilakukan pengenalan secara cepat terhadap kemungkinan adanya kesalahan penyambungan benang tanpa simpul.

Sumber :
Widyardini, Sekaring Tyas. 2015. Pemograman Matlab untuk Pengolahan Citra Digital. UB Press : Malang.
Wijayono, Andrian, Valentinus Galih Vidia Putra. 2017. Penerapan Teknik Analisis Citra untuk Identifikasi Tekstil. CV. Mulia Jaya : Yogyakarta.
Wijayono, Andrian, dkk. 2017. Penerapan Teknologi Pengolah Citra dan Fisika pada Bidang Tekstil. CV. Mulia Jaya : Yogyakarta.
Yuniarti, Anny. 2015. Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Makalah. https://www.academia.edu/4870575/Bahan_Ajar_Mata_Kuliah_Grafika_Komputer.  Diakses 30 September 2019.
Frisdiana, Ira. 2010. Arsitektur Sistem Grafik Komputer .http://irafrisdiana.blogspot.com/2010/11/arsitektur-sistem-grafik-komputer.html. Diakses 30 September 2019.
Andono, Dr. Pulung Nurtantio, T.Sutojo. 2016. Konsep Grafika Komputer. Andi : Yogyakarta.




Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer