Pengertian NoSQL dan Perbedaan Antara SQL dan NoSQL

PENGERTIAN NOSQL
Database NoSQL adalah Sebuah konsep serta model basis data yang fleksibel. Secara general maupun spesifik NoSQL tidak mengikuti kaidah-kaidah database relasional (RDBMS). NoSQL tidak menggunakan bahasa query SQL. NoSQL adalah sebuah model database yang berbeda dibandingkan dengan SQL. Database NoSQL dikembangkan sebagai harapan untuk menyelesaikan masalah-masalah klasik pada database SQL. Database NoSQL berbeda dengan database SQL yang metode penyimpanan datanya hanya satu tipe saja. Struktur database NoSQL lebih dinamis dan fleksibel dengan empat (4) jenis model penyimpanan data yaitu Key-value (KV), Document-based, Column-based, Graph-based. Database NoSQL dikenal secara luas karena kemudahan pengembangan, fungsionalitas, dan kinerja dalam berbagai skala.

PERBEDAAN SQL DAN NOSQL
Dalam hal perbedaan Nosql database tidak seperti sql database yang menggunakan tabel dalam penyusunan datanya, nosql database menggabungkan semua database tidak membedakan jenis2nya dan tanpa karakteristik umum. Tetapi pada database nosql kecepatan yang dimiliki lebih cepat dibandingkan dengan sql database, pencarian data lebih terfokus. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara SQL dan NoSQL

Parameter
SQL (Relational)
NOSQL (Nonrelational)
Beban kerja yang optimal
Database relasional didesain untuk aplikasi transaksional dan aplikasi pemrosesan transaksi online (online transaction processing, OLTP) yang sangat konsisten dan cocok digunakan untuk pemrosesan analisis online (online analytical processing, OLAP). 
Database nilai-kunci, dokumen, grafik, dan dalam memori NoSQL didesain untuk OLTP untuk sejumlah pola akses data yang menyertakan aplikasi latensi rendah. Database pencarian NoSQL didesain untuk analisis data yang semi terstruktur.
Model data
Model relasional menormalkan data menjadi tabel yang terdiri dari baris dan kolom. Skema secara ketat mendefinisikan tabel, baris, kolom, indeks, hubungan antara tabel, dan elemen database lain. Database menegakkan integritas referensial dalam hubungan antara tabel. 
Database NoSQL menyediakan berbagai model data, antara lain dokumen, grafik, nilai kunci, dalam memori, dan pencarian.
Properti ACID
Database relasional menyediakan properti atomicity, consistency, isolation, and durability (ACID):
·         Atomicity mengharuskan transaksi dilaksanakan seluruhnya atau tidak sama sekali.
·         Consistency mengharuskan data sesuai dengan skema database jika suatu transaksi dikomitmenkan.
·         Isolation mengharuskan transaksi konkuren dilaksanakan secara terpisah dari transaksi lainnya.
·         Durability mengharuskan adanya kemampuan untuk memulihkan dari kegagalan sistem yang tidak terduga atau pemadaman listrik ke keadaan terakhir yang diketahui.
Database NoSQL sering kali melakukan pertukaran dengan mengurangi beberapa properti ACID database relasional untuk model data yang lebih fleksibel yang dapat dikembangkan secara horizontal. Hal ini membuat database NoSQL menjadi pilihan yang luar biasa untuk kasus penggunaan dengan throughput tinggi dan latensi rendah yang memerlukan pengembangan skala secara horizontal melebihi batasan instans tunggal.
Performa
Kinerja umumnya tergantung pada subsistem disk. Pengoptimalan kueri, indeks, dan struktur tabel sering kali diperlukan untuk mencapai kinerja puncak.           
Kinerja umumnya merupakan fungsi dari ukuran klaster perangkat keras, latensi jaringan, dan aplikasi panggilan.
Skala
Database relasional umumnya dapat dikembangkan skalanya dengan meningkatkan kemampuan komputasi perangkat keras atau mengembangkan skala dengan menambahkan replika untuk beban kerja hanya-baca.         
Database NoSQL umumnya dapat dipartisi karena pola akses nilai-kunci dapat dikembangkan skalanya dengan menggunakan arsitektur terdistribusi untuk meningkatkan throughput yang menyediakan kinerja yang konsisten pada skala yang tidak terbatas.
API
Permintaan untuk menyimpan dan mengambil data dikomunikasikan menggunakan kueri yang sesuai dengan bahasa kueri terstruktur (SQL). Kueri ini diuraikan dan dijalankan oleh database relasional.      
API berbasis objek memungkinkan pengembang aplikasi menyimpan dan mengambil struktur data dalam memori dengan mudah. Kunci partisi mengizinkan aplikasi mencari pasangan nilai-kunci, set kolom, atau dokumen semi terstruktur yang berisi objek dan atribut aplikasi berseri.

Sumber :
Anonim. 2019. Apa itu NoSQL? Database nonrelasional berkinerja tinggi dengan model data yang fleksibel. https://aws.amazon.com/id/nosql/. Diakses pada 4 Januari 2020.

Anonim. 2019. Pengertian SQL & NoSQL Database. https://www.posciety.com/pengertian-sql-nosql-database/. Diakses pada 4 Januari 2020.

Saputro, Nur. 2019. Apa itu NoSQL? Berikut ini Pengertian NoSQL Beserta Kelebihannya. https://www.nesabamedia.com/pengertian-nosql/. Diakses pada 4 Januari 2020.

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer