Penjelasan Teknologi Cloud Computing, Mobile Computing, Ubiquitous Computing, Nano Science & Grid Technologhy

Penjelasan Teknologi Cloud Computing, Mobile Computing, Ubiquitous Computing, Nano Science  &  Grid Technologhy

Di era digital ini banyak sekali inovasi dan teknologi baru yang memudahkan dan membantu perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya inovasi teknologi pula manusia dimudahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh dari inovasi dan perkembangan dari teknologi di masa kini adalah Cloud Computing, Mobile Computing, Ubiquitous Computing, Nano Science & Grid Technologhy. Berikut Penjelasannya :

        1.      Cloud Computing (Komputasi Awan)
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
Cloud Computing (Komputasi Awan) adalah gabungan pemanfaatan dari teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) sehingga memiliki suatu fungsi, dalam arti lain teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dimana penggunaan komputer diberikan hak askses (login). Penerapan Cloud Computing sudah diterapkan dibeberapa perusahaan terkemuka didunia seperti Google dengan aplikasi Google Drive, Microsoft dengan sistem oprasi yang berbasis Cloud Computing, Windows Azure, dan lain sebagainya. Di Indonesia, perusahaan lokal yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Telkom (Anggi, pusatteknologi.com). Dengan adanya komputasi awan ini, jumlah komputer beserta sejumlah perangkat infrastruktur yang melekat dapat dihilangkan/dikurangi secara signifikan dan akan memberikan kontribusi positif dalam rangka mengurangi dampak negatif dari pemanasan global atau dalam istilahnya teknologi ini mendukung Green IT.

        2. Mobile Computing (Komputasi Bergerak)
Sumber : http://pediaa.com/wp-content/uploads/2016/06/
What-is-Mobile-Computing.png
Mobile Computing adalah sebuah teknologi yang mengizinkan transmisi data melalui sebuah komputer tanpa harus dikoneksikan pada sebuah fixed physical link (wireless atau nirkabel) yang dimana dapat digunakan untuk mendukung komunikasi contohnya adalah smartphone, laptop, PDA, notebook, peralatan game portable, pemutar music dan lain sebagaiinya. Karakteristik dari teknologi ini adalah bergerak dan menjangkau area yang luas, sehingga dengan adanya teknologi ini para pengguna akan dimudahkan dalam melakukan komunikasi atau transfer data kapan saja dan darimana saja.


        3.  Ubiquitous Computing (Komputasi Dimana-mana)
Sumber: http://rochmadsyahronialfan.blogspot.com
Ubiquitous Computing adalah konsep rekayasa perangkat lunak dan ilmu komputer dimana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan dimana saja. Komputasi ini dapat terjadi dengan menggunakan perangkat apapun, di lokasi manapun dan format apapun, contohnya telepon selular, digital audio player, GPS, dan interactive whiteboard.
Ada beberapa cabang ilmu komputer yang sudah  menggunakan konsep Ubiquitous Computing  ini adalah distributed computing, mobile computing, location computing, mobile networking, context-aware computing, sensor networks, human–computer interaction, dan artificial intelligence.


       4.   Nano Science
Sumber : http://www.cochinsquare.com/seminar-in-nanoscience-and-technology/
Nanosains dan nanoteknologi adalah studi perilaku benda-benda dan struktur pada skala yang sangat kecil yaitu sekitar 1 nanometer (10-9 m) sampai 100 nanometer (100 × 10-9 = 10-7 m). Istilah nano berasal dari kata Yunani yang berarti kerdil. Satuan nano merupakan ukuran panjang sebesar sepermiliar meter atau 1/1.000.000.000 meter. Panjang 1 nanometer merupakan panjang dari barisan 10 atom hidrogen, suatu ukuran yang sangat kecil.
Yang membuat nanosains/nanoteknologi menjadi spesial adalah bahwa pada jenis material yang sama, apabila material tersebut mempunyai ukuran beberapa nanometer, seringkali material tersebut akan menunjukkan sifat yang sangat berbeda dan unik. Menariknya, perbedaan ukuran skala besar pada material yang sama tidak menunjukkan hal tersebut.
Contohnya adalah penggunaan nano solar cell, nanopaints, Material buatan berstruktur nano (artificial nanostructure) Contohnya Carbon Nanotubes (CNT) dan Fullerene.


       5.   Grid Technologhy (Komputasi Grid) 
Sumber : http://ecomputernotes.com/fundamental/
introduction-to-computer/grid-computing
Grid Technologhy (Komputasi Grid) adalah sekelompok komputer yang terhubung secara fisik (melalui jaringan atau dengan Internet) untuk melakukan tugas khusus bersama-sama, seperti menganalisis data e-commerce dan memecahkan masalah yang rumit. Grid adalah bentuk "komputer virtual super" yang memecahkan aplikasi tertentu. Ukuran grid dapat bervariasi dari jaringan perusahaan kecil hingga besar. Pemilihan nama Grid sendiri adalah sebagai bentuk kiasan bagi pembuatan computer power agar dapat diakses semudah mengakses electric power, Grid…sehingga harus memiliki kemampuan untuk mengakses computing power (CPUs), aplikasi perangkat lunak dan data penelitian dalam suatu bentuk “on-demand”.


Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam Grid Computing:

§   Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
§ Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup 
  Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda 
     pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama 
     pada sumber daya berbeda pada Grid.
§   Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
§   Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)
            Secara umum, elemen-elemen dari infrastruktur Grid adalah
§  Hardware/Sumber daya (Dibuat tersedia dari site-site berbeda yang terdistribusi
    secara geografis, mencakup CPU/Storage/Instruments, dll…)
§ Software: Sesuatu yang menghubungkan bersama-sama semua sumber daya ini: 
   middleware. Beberapa aplikasi untuk menggunakan sumber daya komputasi yang dibuat 
   tersedia
§  Orang-orang: Siapa yang memelihara Grid, dan Siapa yang menggunakan Grid




DAFTAR PUSTAKA
Anggi, Fersisilia. “Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contoh Cloud Computing”. Diambil dari: http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
“Cloud Computing dan Contoh Penerapan dalam Perusahaan”. Diambil dari: http://cloudindonesia.com/cloud-computing-dan-contoh-penerapan-dalam-perusahaan/
 Setyono1, Andik dan Erna Zuni Astuti2. 2013. “Eksplorasi Mobile Computing Untuk Komunikasi Data”. Diambil dari: http://download.portalgaruda.org
 Widowati, Retno dkk. 2009. “Pervasive Computing”. Diambil dari: ilmukomputer.com
Admin. 2008. "Mengenal Komputasi Grid". Diambil dari : https://komputasi.wordpress.com/2008/09/12/mengenal-komputasi-grid/

Handayani, Murni. 2011. "Nano Sains dan Nano Teknologi".  Diambil dari : http://majalah1000guru.net/2011/03/nanosains-nanoteknologi/










Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer