TEKNOLOGI INI DI PREDIKSI AKAN MENJADI TREND DI MASA MENDATANG


TEKNOLOGI INI DI PREDIKSI AKAN MENJADI TREND DI MASA MENDATANG
Saat ini kita telah memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup di dunia dan diperkirakan akan membuat pergeseran lanskap bisnis dan sosial yang mendorong terbukanya pasar yang baru, proses kegiatan jual beli akan lebih efektif dan efisien dan menjanjikan keuntungan jangka panjang berupa efisiensi dan produktivitas. Untuk menghadapi era revolusi Industri tersebut, perusahaan harus memanfaatkan teknologi baru dan berkembang untuk dapat mencapai tingkat efisiensi produksi dan konsumsi yang lebih tinggi, dan ekspansi ke pasar-pasar baru.
sumber:  https://www.selindoalpha.com/blog/trend-teknologi-menuju-revolusi-industri-40
Berdasarkan data  survei yang dilakukan oleh World Economic Forum (Future of Jobs Survey 2018) diketahui bahwa ada 4 teknologi yang akan mendominasi pada tahun 2018-2022 yaitu: high-speed mobile internet, artificial intelligence, big data analytics, dan cloud technology. Keempat teknologi tersebut diyakini akan banyak mempengaruhi perkembangan bisnis perusahaan.
1.    High-Speed Mobile Internet
sumber: https://www.digit.in/telecom/
High-Speed Mobile Internet Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan komputer, kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps. erkembangan teknologi chatting tersebut sebenarnya disebabkan oleh kecepatan koneksi internet yang terus bertambah.
Perkembangan Kecepatan akses internet ini terus berkembang beriringan dengan banyaknya pengguna internet dan kebutuhan masyarakat. Dari yang awalnya hanya 1G ke 2G, dan seterusnya hingga saat ini menuju ke koneksi internet 5G. Huruf G tersebut adalah singkatan dari “Generation” atau “Generasi” dalam bahasa Indonesia. Setiap naik generasi, kecepatan koneksi internet naik sekitar 1000 kali lipat dari sebelumnya, hingga saat ini jaringan tersebut masih terus berkembang agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi.
2.    Artificial Intelligence
sumber: https://www.evolving-science.com 
Artificial Intelligence adalah sebuah entitas cerdas secara ilmiah yang diciptakan oleh manusia. Entitas tersebut di tanamkan ke dalam sebuah mesin, sehingga membuat mesin tersebut seolah-olah mampu berpikir sendiri untuk mengambil sebuah keputusan.
AI bisa dibilang bukan sebuah perangkat komputer, karena komputer hanya bisa mengambil keputusan dan menghasilkan fungsi-fungsi saat diarahkan penggunanya. Sedangkan AI atau kecerdasan buatan ini rupanya mampu menentukan sendiri keputusan apa yang akan di ambil berdasarkan pengalaman yang sudah direkam menjadi sebuah pengetahuan. Rekaman tersebut tersimpan pada database perangkat AI itu sendiri, dan kemudian diterapkan jika diperlukan. Konsep AI sudah mulai menjalar kemana mana, dan diprediksi akan terus berkembang. Contoh dari AI ini adalah kamera cerdas.
3.    Big Data Analytics
sumber: https://mti.binus.ac.id/2018/06/28/2222/
Big data analytics adalah analisis data yang sangat besar yang memiliki keanekaragaman sumber data baik terstruktur maupun tidak. Analisis data yang diambil harus benar dan akurat yang sesuai dengan yang ingin di gunakan. Terdapat frasa yang cukup populer di Big Data yaitu “Garbage In Garbage Out”, yang berarti apabila banyak data yang “sampah”, maka hasil akhir akan berupa “sampah” juga. Namun kelemahannya inkonsistensi data yang sewaktu-waktu dapat terjadi, sehingga menghambat proses pengolahan dan manajemen data secara efektif. Contoh dari teknologi ini adalah chatbots pintar, kemudahan dalam pengaksessan AI. Teknologi ini akan terus berkembang dan akan menjadi trend karena kebutuhan perusahaan yang semakin bertambah sehingga data yang dihasilkan besar dan kompleks.
4.    Cloud Technologhy
sumber: https://cloud.datacomm.co.id/blog/definisi-cloud-computing
Cloud Technologhy adalah suatu konsep pemahaman gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Semua data yang berteknologi komputasi awan ini terdapat di sever internet dan tersimpan disana, begitu pula dengan aplikasi ataupun software yang umumnya dibutuhkan oleh pengguna terdapat pada komputer server.
Teknologi ini akan menjadi trend karena cloud computing ini mudah beradaptasi dengan para pekerja yang akan menggunakannya, meningkatkan interaksi dengan klien, mitra bisnis dan supplier, dan sangat bermanfaat untuk bisnis dalam suatu perusahaan manfaat tersebut antara lain meningkatkan kinerja bisnis (73%), pengurangan biaya (73%), dan peningkatan otomasi layanan (72%).

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2018. MENGAPA CLOUD COMPUTING DIPERLUKAN DI MASA SEKARANG?. Dikutip dari: http://crmsindonesia.org/publications/mengapa-cloud-computing-diperlukan-di-masa-sekarang/
Cloud, Datacomm. 2016. Definisi Cloud Computing. Dikutip dari: https://cloud.datacomm.co.id/blog/definisi-cloud-computing/
RSA. 2018. Apa itu Artificial Intelligence (AI)? Beserta Sejarah, dan Contoh-Contoh AI. Dikutip dari: https://www.indoworx.com/apa-itu-ai/
Anonim. 2018. Trend Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0. Dikutip dari:  https://www.selindoalpha.com/blog/trend-teknologi-menuju-revolusi-industri-40
Wibowo, Antoni. 2018 . BIG DATA. Diakses dari: https://mti.binus.ac.id/2018/06/28/2222/
Nessaifana. 2018. BAB 3 Kecepatan Internet. Dikutip dari: https://nessaifana.wordpress.com/bab-3-kecepatan-akses-internet/
Pranata, Heru. 2018. Patut Disimak, Perkembangan Teknologi Jaringan dari Masa ke Masa. Dikutip dari: https://www.liputan6.com/tekno/read/3597771/patut-disimak-perkembangan-teknologi-jaringan-dari-masa-ke-masa

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer