FASILITAS TI UNIVERSITAS GUNADARMA YANG HARUS KAMU TAU

Dibuat oleh : Uswatun Hasana (16117040, 2KA01)

Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas swasta yang terkenal dengan teknologi informasinya, universitas yang dibangun sejak tahun 1981 ini telah memiliki banyak kemajuan baik dari sisi pendidikan maupun fasilitasnya. Untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan kreativitas mahasiswa, maka Universitas Gunadarma memberikan beberapa fasilitas teknologi informasi yang dapat diakses oleh mahasiswa maupun dosen-dosennya. Berikut ini penjelasan dari beberapa fasilitas IT di Universitas Gunadarma:

1.    V-Class
V-Class atau singkatan dari Virtual Class merupakan layanan pembelajaran online sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa di Universitas Gunadarma. Untuk mengakses v-class ini mahasiswa memerlukan login akun dengan email dan password studentsite.
http://v-class.gunadarma.ac.id/
Di dalam V-Class kita dapat berdiskusi, mendownload materi, dan menjawab soal latihan dari dosen yang bersangkutan. Sebelum kita memperoleh layanan dari v-class tersebut kita harus mendaftar terlebih dahulu ke mata kuliah dan dosen yang bersangkutan. Di dalam v-class pun kita dapat melihat siapa saja yang online pada v-class.
http://v-class.gunadarma.ac.id/
V-Class ini biasanya memiliki  batas waktu akses, tergantung dari dosen v-class yang bersangkutan. Layanan pembelajaran ini merupakan salah satu kriteria penilaian, maka dari itu ketika dosen pada mata kuliah tertentu memberi perintah untuk membuka v-class, mahasiswa gunadarma diharapkan untuk tidak melewatkan v-class ini. link dapat diakses di https://v-class.gunadarma.ac.id/ 

2.       Student site
https://studentsite.gunadarma.ac.id/index.php/site/login
Student site merupakan fasilitas berbasis web untuk mahasiswa gunadarma yang masih aktif. Fasilitas ini digunakan mahasiswa untuk mendapatkan beberapa informasi mengenai aktifitas selama perkuliahan, seperti mengunggah link artikel yang sudah dibuat pada blog untuk tugas maupun penulisan warta warga, melihat transkrip nilai baik mata kuliah lokal, maupun rangkuman nilai, melihat aktifitas peminjaman buku diperpustakaan, melihat berita yang berasal dari universitas resmi yang biasanya berupa pengumuman oprec asisten, acara seminar dan workshop ataupun acara kampus di lingkungan Universitas Gunadarma lainnya.

https://studentsite.gunadarma.ac.id/index.php/site/login
 Untuk dapat mengakses informasi tersebut mahasiswa memerlukan login halaman terlebih dahulu, bagi yang belum memiliki akun studentsite, mahasiswa dapat memilih menu bar aktivasi pada halaman lalu isi formulir yang ada pada halaman aktivasi tersebut  kemudian klik daftar. Perlu diketahui bahwa username bersifat permanen, mahasiswa hanya dapat memperbaharui password. Satu mahasiswa hanya mempunyai satu akun studentsite dan berlaku sampai lulus dari Universitas Gunadarma. 

3.      Staffsite
https://staffsite.gunadarma.ac.id/
Staffsite merupakan salah satu fasilitas IT Universitas Gunadarma yang diperuntukkan untuk dosen yang mengajar di Universitas Gunadarma, dalam fasilitas ini dosen dapat menyimpan materi-materi pembelajaran dalam perkuliahan. Mahasiswa dapat mengunduh materi pembelajaran dosen tersebut dengan mencari nama dosen mata kuliah yang dituju kemudian klik menu downloads lalu unduh materi yang dibutuhkan, selain itu mahasiswa juga dapat melihat informasi mengenai dosen yang mengajar. Untuk mengakses laman ini mahasiswa tidak perlu melakukan login akun.

4.       E-learning
http://elearning.gunadarma.ac.id/
E-Learning atau Electronic Learning merupakan salah satu layanan IT Universitas Gunadarma yang bergerak di bidang Pembelajaran. Didalam halaman ini mahasiswa dapat mengunduh E-book yang dibutuhkan sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar maupun sebagai referensi dari sebuah penelitian. Dalam halaman ini pula terdapat menu SAP online, V-Class, Material dan ILab, ketika kita mengakses salah satu menu tersebut kita akan langsung tertuju ke dalam web yang sudah dipilih. Untuk mengakses e-learning ini mahasiswa tidak perlu login

5.       SAP-online 
http://sap.gunadarma.ac.id/
      SAP adalah Satuan Acara Perkuliahan, didalam SAP ini terdapat Silabus  dan RPS (Rencana Studi Pembelajaran). SAP ini berisi gambaran tentang suatu mata kuliah yang mencakup nama mata kuliah, kode mata kuliah, semester, SKS, fakultas/program studi, mata kuliah prasyarat, capaian pembelajaran mata kuliah, deskripsi mata kuliah, bahan kajian, dan sumber pustaka, waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi pembelajaran ini. Kita dapat membaca SAP mata kuliah yang kita dapatkan dengan cara mengunduh SAP pada halaman ini di menu daftar sap. Dalam periode tertentu SAP ini diperbaharui, maka dari itu SAP tidak berbentuk permanen. mahasiswa tidak perlu login untuk mengakses laman ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa fasilitas IT yang ada di Universitas Gunadarma. Dari beberapa fasilitas tersebut warga Universitas Gunadarma diharapkan untuk memanfaatkanya dengan efektif dan efisien dan semoga dengan adanya fasilitas ini kegiatan belajar mengajar antara mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Gunadarma semakin mudah dan lancar.

Referensi Web



Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer