MASSPEC PEN ALAT PENDETEKSI KANKER DAN TUMOR

MASSPEC PEN ALAT PENDETEKSI KANKER DAN  TUMOR


sumber : telegrafi.com

     Masspec pen merupakan inovasi  baru di bidang medis. Teknologi ini¸ berbentuk seperti pulpen yang disambungkan dengan sebuah mesin besar. Perangkat ini digunakan untuk mendeteksi tumor dan kanker yang dikembangkan oleh para ilmuan University of Texas di Austin pada tahun 2017.


sumber : https://www.researchgate.net

    Cara kerjanya, teknologi ini akan mengidentifikasi profil molekuler jaringan menggunakan tetesan air bervolume kecil dan analisis spektrometri massa. Setelah 3 detik kontak fisik yang lembut dengan permukaan jaringan, tetesan air diangkut ke spektrometer massa, yang berisikan data protein diagnostik, lipid, dan metabolit. Dengan menggunakan algoritma pembelajaran mesin, diagnosis akan mendeteksi apakah jaringan tersebut kanker atau jaringan normal.
sumber : CNBC.com

    Saat operasi percobaan pada tikus, alat ini dengan cepat  dapat membedakan tumor atau kanker dari jaringan sehat yang dideteksi, tanpa memerlukan label atau alat pencitraan khusus dan tanpa merusak jaringan yang lainnya. Sample kanker dapat diuji pada paru-paru, kelenjar tiroid, payudara, ovarium. Studi percontohan Masspec pen ini, dilakukan pada awal 2018, dan kemudian berkembang menjadi penelitian uji klinis yang lebih besar. Di masa yang akan datang Masspec pen dapat  digunakan dalam bidang forensik, lingkungan dan farmasi. Saat ini, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan oleh para ilmuan di Amerika Serikat. Untuk Penggambarannya simaklah video berikut :





Sumber : 





 

Comments

Popular posts from this blog

Tahapan Normalisasi dan Contoh Normalisasi pada perpustakaan

Analisis Perusahaan PT Kompas Media Nusantara dalam Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi

Hal lucu mengenai kartun Dora The Explorer